Minggu, 10 April 2011

Lombok & Gili Trawangan

Escape to Lombok (Paket Lombok 5 hari 4 malem hanya Rp 980.000,- (not included dinner))

The holiday begin on March 31, 2011. It is special day for me because today is my birthday, but I'm decided to escape for holiday to Lombok. I wanna say thanks someone for giving me GFF Point, I can go to Lombok using Garuda. What a beautiful journey. Tiba di airport jam 17.20 pdhl pesawat terbang jam 17.50 untung aja ada temen g yg bisa check-in dulu, thanks God. Ini semua gara2 tukang taxi blue bird yg ngerjain g, sebel dehh!!!!!

Pesawat kami pun terbang on-time dan sepanjang perjalanan tak ada hentinya kami ngoceh sambil menikmati hiburan dan makanan dr pswt. Aroma Lombok sudah mulai terasa setibanya kami mendarat di Lombok, airportnya sungguh kecil sekali pdhl kan ini bandara internasional. Daripada menggerutu terus mending nikmatin n mensyukuri ud nyampe slamat di Lombok.

Jemputan kami juga sudah datang, kamipun segera menuju ke hotel. Nama hotelnya, Hotel Paseban..mm not really good, bener2 kamar backpacker sgt2 sederhana cuma ada kipas angin, kaga ada tv, hotel kuno gt deh. Klo g tdr sendirian takut jg seh, soalnya rada gmn gt tp untungnya kt rame2..kyana crita utk hari ini cukup segini aja kali ya, mending lgsg ke intinya..

April 01, 2011
Bangun pagi2 dan mulai berbenah untuk pergi ke Gili Trawangan, sarapan 1 potong roti + teh rasanya tidak mempan untuk perut kami dan kamipun memutuskan utk nyari makan keluar dan lumayan kenyang jg kt makan nasi +telor. Jam 8 kamipun lepas landas menuju pelabuhan menuju Gili Trawangan dan mampir sebentar di Pantai Senggigi, Lombok utk berfoto ria. Dari hotel menuju pelabuhan Bangsal makan waktu kurang dari 30 menit, pelabuhannya kurang terawat, becek pdhl yg mau menuju ke sana hampir smuanya bule. Lagi-lagi kurang terawat dan tidak teratur. Sepanjang mata memandang hampir smua orang yg menyebrang kebanyakan bule, ganteng2 lagi.uhuy ^_^

Arus ombaknya lumayan deras jg, bikin kepala nyut2an. Selama perjalanan g coba utk menutup mata aja, eh gak terasa tiba2 sudah nyampe aja ke GT dan kami langsung menuju ke penginapan utk ganti kostum untuk snorkling. Ini dia penginapan kita namanya Creative Bungalow, bagus apalagi kamar mandinya kesannya natural & alami banget.

Setelah ganti baju untuk snorkling kt lgsg ke tempat tujuan, Gili Meno & Gili Air. Pantai Gili Trawangan emg keren & indah banget aplg sekelilingnya bener2 da kya private beach banget deh, pulaunya kecil dan kemana2 bisa jalan kaki/sewa sepeda. Sayangnya g cuma menginap semalem disini, hiks..hiks..masih kurang aku masih betah nginep disini (nangis termehek-mehek).

Snorkling seharian dgn spot2 yg keren abis itu liat Penangkaran penyu di Gili Trawangan, setelah itu acara bebas deh..mumpung acara bebas akhirnya kt ngiterin toko2 di seputaran Gili, secara gt kt gak pd bawa baju + handuk jdlah kita belanja n rada syok jg seh dgn harga n tukang jualan disana pd songong2 alias belagu (sumpeh deh bikin g gregetan banget) dimana customer itu raja tp disini customer diinjek2!!!G beli handuk kecil harganya Rp. 25.000,- aja gt loch..Selesai shopping kami pun cepet2 untuk mandi soalnya ngejar sunset n jalan2 ke villa ombak yg katanya penginapan paling mahal di Gili Trawangan.Penasaran check it out gals :) Uda mandi cepet-cepet tetep aja akhirnya ketinggalan sunset, tapi gak nyesel jg seh scara ktnya sunsetnya krg mantep soalnya mendung, jadilah kita jalan2 menuju Villa Ombak n tanya2 rate, yah siapa tau ntar kt honeymoon kesana (aminnnn). Abis keliling Villa, foto2 trus nyari makan deh, sebenarnya seh blm terlalu laper tp daripd nanti pas party perut laper mending diisi dulu deh sekenyang-kenyangnya.

Gili Trawangan in the afternoon

Cerita hari ini belum selesai, stlh makan mie goreng seharga Rp 15000,- yg cuma g makan 2 suap secara g td jajan nasi+ikan teri Rp 5000,- n kenalan sama pemilik migor yg ktnya pendapatan dia sebulan bisa ampe puluhan juta (sedaapp banget, jd ngiler tp modal gak ada) lalu kami lanjutkan utk beristirahat dl di kamar yg tiba2 aja kami pd tepar tp untungnya monic bangunin kami utk tdk melupakan party malam ini di Rudy's Restaurant. Muka masih kusut n muka ngantuk kamipun berjalan menuju tmpt party, jam stgh 12 kami dateng suasana da rame ampe gak dpt tmpt duduk, bule bertebaran dimana-mana orang lokalnya jarang banget paling orang2 asli lombok macam anak2 pantai gt deh. tapi dance floor masih sepi blm ada yg joget, makanya kt memutuskan utk pesen minuman dl.Minuman yg bikin kami penasaran yaitu Magic Mushroom, yg katanya bisa bikin ketawa n ini legal lho di GT.. Jadilah kt pesen Magic Mushroom Rp 150.000,- dicampur ama banana plus vodka campur coke. Berhubung g ultahg untuk magic mushroom g yg bayar, yg penting pd hepi dah!!Malam ini kyana seru abis, seharian bermain di pantai malem harinya kt berdugem ria sambil menikmati minuman yg magic bikin ketawa. hahaha (psst ada yg jackpot, siapa tuh??)

April 2, 2011
Gara-gara tepar gagal deh g ama priska menikmati sunrise, cuma si monic aja yg bisa bangun menikmati indahnya pagi hari di Gili Trawangan. Mata g kyana berat banget mau bangun akhirnya tidur lagi n bangun2 jam 9an. Gagal deh kt bersepeda di pagi hari muterin Gili Trawangan, pdhl td malem uda niat seniat-niatnya untuk nyewa sepeda stgh hari aja di sana.

Jam 10 pagi kt diharuskan check out untuk balik lg ke Lombok, rasanya ogah skali harus pergi dari Pulau yang sepi dan indah ini. Tp apa boleh buat, kt harus ke tempat wisata lain untuk menikmati keindahan Lombok. Tiba di lombok, kt menuju ke penginapan untuk makan siang dan beberes dulu, kurang lebih 2 jam perjalanan dari pelabuhan menuju ke Pondok Senaru tempat kami menginap.

Cuaca dingin dan sepoi2 apalagi pas kami tiba gerimis mulai berjatuhan, kami berdoa mudah2an ini tidak menghambat trekking kami ke Singang Gila Waterfall. Setelah selesai makan siang dan kamipun siap untuk trekking dengan cuaca yg tidak begitu bagus tapi tetap tak menghalangi kami untuk jalan.

Kamipun mulai menapaki satu persatu tangga menuju ke Waterfall, tnyt trekking itu serem jg taruhannya nyawa boo..matilah g klo sampai jatuh dari atas makanya sepanjang perjalanan g banyak2 berdoa dan setiap langkah g slalu pegangan dan berhati2. Trekking menuju 2 waterfall yang penuh dengan tantangan karena melalui semak-semak belukar dan bahkan melalui jembatan yg sangat berbahaya tidak percuma kami lalui karena tnyt pemandangan yg kami dptkn sungguh luar biasa, emg bener2 gile keren deh.

Kamipun mulai menikmati sejuk air di Waterfall Singang Gila, dinginnya air tak menyurutkan kami untuk bermain air sambil menikmati pemandangan alam disekitar. Turis yang adapun hanya team kami dan satu keluarga bule bersama tiga anak perempuannya. Sayang sekali, wisata seindah ini tp masih belum banyak yg tau, g jadi semakin bangga menjadi warga Indonesia :)

Setelah bermain air yg lumayan dingin dan berfoto ria, akhirnya kami harus kembali lagi menuju hotel mengakhiri trekking kami. Males banget klo harus melewati jalan yg sama mana naik tangga yg lumayan banyak (mending turun tangga drpd naik tangga) dan melewati rintangan yg lmyn banyak, melewati hutan, semak belukar, melewati jurang bahkan melewati sigorong2 dengan arus yg sangat deras. Benar2 pengalaman trekking yg tak akan terlupakan, penuh dgn rintangan dan buat kaki pegel2.

Sigorong-gorong "Air Terjun Singang Gila"

Pulang dari trekking kamipun menikmati secangkir susu hanget sambil menghirup udara di sore hari di penginapan, suasananya kya puncak gt deh dingin2 empuk. Indahnya dunia ini, coba setiap minggu bisa begini tp bangkrut jg yach secara harga di GT mahal2 aja cin. hari uda mulai sore kamipun beranjak dr taman menuju ke kamar untuk bersih. Malam hari ini kami habiskan untuk bermain kartu, taruhannya siapa yg kalah mijit yg menang n d winner for the games is me tp gak asik ah si priska curang gak mau pijitin g klo si monic mijit cm itungan menit. Ahhh gak seru nehhh, curang smua....!!!! Udah ah, tidur aja yukkk.

April 3, 2011
Pagi hari jam 8 kami langsung menuju ke tempat wisata lainnya yaitu Lereng Gunung Rinjani. Oia, hampir lupa sebelum kami meninggalkan Pondok Senaru tempat penginapan kita, tak lupa kami beli oleh2 yg ditawarkan pelayan hotel yaitu Brem Lombok, 1 botol Rp. 20.000,-
#alkohol, lmyn menghangatkan badan. Udara pagi hari di sepanjang perjalanan ke lereng sungguh nyaman dan indah banget.Setibanya kami di lereng kamipun menyempatkan berfoto ria, ini dia hasil photo kami di pegunungan Rinjani yg beautiful.

Dari lereng G. Rinjani guide kamipun mengantarkan kami menuju ke puncak G. Rinjani, ktnya seh kt bisa liat Bunga Edelweis yg tidak akan layu. Tp sayangnya kt gak bisa menemukan bunga itu yg ada monyet2nya aja yg bertebaran di jalan. Next destination yaitu ke Pantai Kuta (katanya seh ini pantai keren banget alias cantik bener, mm jd penasaran). Perjalanan dari Lereng Rinjani menuju ke Pantai Kuta ditempuh sktr 2 jam, jauh aje mau tidur juga susah *paling susah yg namanya tidur di pesawat or di bis.
Kamipun tiba jam 1 siang di P.Kuta/T. Aan, sepi sekali pdhl pantainya indah dan tak ada turis mancanegara yg ada orang local/penduduk sekitar saja dan wisatawan lokal seperti kami ini. Kenapa seh pantai secantik ini tidak disebarluaskan, lumayan untuk pemasukan kas negara. Semakin bangga dengan negeriku Indonesia tercinta ^_^.

Hasil jepretan tukang gelang di T. Aan, Lombok

Setelah berfoto2 ria kamipun melanjutkan perjalanan menuju ke tempat tinggal Suku Sasak. Disini kita bisa melihat sejarah suku sasak dan keseharian mereka, dari mulai rumah honeymoon, trus klo mereka ngepel ktna seh pake kotoran binatang (sumpeh deh jijay bener!!!) trus mereka jual hasil kerajinan mereka kya gelang, kalung, selendang, dll. Disini harus pinter nawar2 yach, mereka kasi harga lmyn tinggi.Ada yang bikin surprise g neh, masa iya mereka ngerti bahasa balik, jd ketika g lg ngobrol ama priska n monic eh tiba2 mereka nyeletuk kami juga ngerti bahasa kilab alias bahasa balik. OMG, drtd kt ngomongin dia berarti dia ngerti #beneran ngakak bener dehh, hahaha. Asik berbelanja kain, selendang, kalung, kamipun melanjutkan untuk membeli oleh2 mutiara (dipilih2 ada mutiara air tawar dan ada mutiara air laut), inget ya temen2ku disinipun kt harus pinter nawar, dimanapun anda berada please jgn lupa nawar :). Disini g beli 2 pasang anting mutiara seharga @Rp 20.000,- (awalnya harganya Rp 25.000,-)

Tips berbelanja ala anita: Belanjalah di pantai atau di hotel tmpt anda menginap, harga yang ditawarkan oleh orang2 di pinggir pantai atau orang2 yg menawarkan barangnya di depan hotel jauh lebih murah. ini contohnya: g beli gelang di pantai 10 ribu dapet 4 tp ketika g belanja di tempat belanja suku sasak harga yg ditawarkan 10 ribu cuma dapat 2 dgn barang yg sama. Selamat berbelanja ^_^

Tempat tinggal Suku Sasak

Sudah seharian kami berkeliling lombok dan inilah perjalanan kami terakhir yaitu menikmati makan malam Ayam Taliwang yg terkenal di lombok, belum ke Lombok klo belum makan ayam taliwang (kata temenku), harga ayam taliwang + nasi + lalapan + teh sekitar Rp 40.000. Tapi tnyt biasa aja koq makan ayam taliwang, ayamnya keras tp bumbunya emg mantep. Berakhir sudah perjalanan kami dan besok kami akan balik ke Jakarta dan mulai bekerja kembali (g ama priska doank seh yg lain masih cuti, hiks..hiks..aku cape).

Bye2 lombok, bye2 friends jgn lupa upload fotonya.What a wonderful vacation....!!!!

Cerita masih belum selesai, yuk baca story stlh g ama priska nyampe Jkt. Cekidot.

Baru aja kami tiba di Jkt, tb2 aja monic tlp ktna ada kejadian misteri di kamar kami tepatnya di Hotel Paseban. Setelah g ama priska check out, tinggalah monic sendirian tidur di kamar dan ktnya wkt dia bangun tangannya kecoret2 pulpen warna biru..mmm siapakah yg nyoret2, hanya Tuhan aja yang tau.
Oke hanya itu tambahan dari g, terima kasih sudah mampir ke blogku..Selamat membaca dan marilah cintai wisata Indonesia :)