Just 4 Fun

Loading...

Sabtu, 20 November 2010

Jalan-jalan murah ke Seoul

It's time to Seoul...

Betapa bahagianya g dapat tiket murah banget ke Korea pake Air Asia, benar2 suatu kebanggaan buat g bisa dpt tiket murah meriah ke korea sebesar Rp 1.250.000, - dr Jkt-KL-Incheon-KL-Jkt.
Untuk urus visanya pun gampang, g dibantu sama temen g yg ada di korea. Kebetulan suaminya jd diplomat di korea jadilah g dibuatkan Invitation Letter yg memberikan kemudahan buat g ama temen g dlm membuat visa.
Syarat Pembuatan Visa Korea:
1. Paspor
2. Fotokopi Paspor
3. Kartu Keluarga
4. Pas Photo 4x6
5. Akte Kelahiran
6. Form Pengajuan Visa (http://idn.mofat.go.kr/languages/as/idn/visa/apvisa/index.jsp)
7. Fotokopi Tiket Pesawat
Biaya visa ke korea Rp 282.000,- ..Aplikasi aku masukin hari selasa dan jumat sudah bisa diambil.
Alamat embassy korea di Indonesia ada di The Plaza Office Tower, Lt. 30 Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat 10350.

Nov 13, 2010
Perjalanan kami dimulai di hari Sabtu tgl 13 Nov 2010, dimulai dr Jkt-Kl jam 06.25 - 09.25 dan lanjut lg dr Kl-Incheon jam 13.55 - 21.15 (perjalanan yg suangat melelahkan skali) tapi smua terobati ketika kami tb di korea, nuansa korea sudah mulai kami rasakan. Happy banget akhirnya kami bisa menginjakkan kami di tempat kelahiran Lee Min Ho, Rain artis korea yg aku idolakan.hihihi...
Melalui perjalanan yg cukup lama akhirnya kami tiba jg di Korea, suasana bahagia sekaligus khawatir melanda hati kami karena kami lupa untuk mencatat alamat tempat tinggal temen yg ada di korea, telpon kamipun sama skali gak ada sinyal. Takut nanti pihak imigrasi menanyakan hal ini, aku pun kuatir dan berusaha tenang dan ternyata oh ternyata kami lolos juga (fiuuhh untung saja).
Kami pun akhirnya keluar dari imigrasi dan menemukan temanku sudah tiba untuk menjemputku, hug n kiss from me..miss you my friend :)

Nov 14, 2010

Hari ini kami bersiap untuk menyusuri kota Seoul yang indah, langit bersahabat skali hari ini cuaca sangat sejuk, angin sepoi2 tapi anginnya koq dingin bgt yah #merinding bgt.Untungnya sebelum kami melakukan perjalanan, kami sudah diingatkan oleh temanku untuk memakai baju tebal krn cuaca yg sangaaat dinginnnn...
Perjalanan pertama kami yaitu menuju Gyeongbokgung Palace, untuk masuk ke tempat ini kami harus membayar 3000 won per orang. Ini tempat wisata yg kudu, wajib hrs didatengin!!belum ke korea klo belum ke tempat ini. Disini kita bisa melihat bagaimana pemerintahan Seoul waktu berbentuk kerajaan, bangunannya sangat megah dan luas sekali..byk sekali turis dari mancanegara berkunjung ke tempat ini krn tempat ini sungguh bersejarah.


Gyeongbokgung Palace

Berhubung perut sudah mulai lafar akhirnya kami menuju ke Nangdaemun Market untuk maksi, kami diajak untuk makan sop b2 (ups haram) hehe..enak dan lezat lho nama makanannya "KAMTAM" yg disajikan berikut dgn Kimchi (Kimchi ini makanan yg selalu ada dan disajikan setiap makan). Klo kata orang korea, kimchi ini sangat menyehatkan dan selidik punya selidik knp orang korea punya tubuh yg langsing2 krn mereka slalu makan kimchi di setiap makan mereka (boljug jg neh..hihihi)

Dingin2 emg enak bgt makan KAMTAM..yummy


NANGDAEMUN MARKET

Dari Nangdaemun kami lanjutkan lagi ke Myeongdong, sama2 tempat belanja yg berada di outdoor dan harganya murah meriah tapi kami tahan dl napsu kami utk berbelanja karena males bgt kan klo hrs bawa tentengan yg byk pdhl tmpt wisata yg mau kami tuju msh byk. Akhirnya kami memutuskan untuk menuju ke Deoksugung Palace, kamipun mulai menyusuri sepanjang jalan Myeongdong untuk menuju ke tmpt wisata lainnya tetapi langkah kami terhenti karena ada kami melihat gereja yang cukup besar dan sangat indah. Myeongdong Church, lokasinya dkt dgn pusat perbelanjaan Myeongdong.





Suasana Myeongdong di siang hari

Setelah asyik mengitari dan berfoto2 ria di seputaran greja kamipun melanjutkan perjalanan ke Deoksugung Palace, tiket masuk hanya 1000 won per orang. Yang dilihat seh sama2 aja kya di Gyeongbokgung cm bedanya di DeoksBoldugung itu kt menyusuri taman2 dan krn kebetulan lg mau musim winter jadi bunga2nya berwarna kuning dan merah..so sweet :)

Deoksugung Palace

Cuaca semakin dingin tapi tak menyurutkan kami utk jln2 lagi, kami pun menuju ke Presidential Blue House. Berhubung temen g si Juan ini belum pernah kesana, kami pun coba bertanya ke org2 tapi herannya koq gak ada yg tau. Mana mereka gak bisa bhs inggris, ampuunn dehh!!!!Oh God, berikan kesabaran pd kami...tapi akhirnya Pak Polisi membantu kami, fiuh untung saja dia bisa bahasa inggris jdlah kami ke Presidential Blue House yg bahasa koreanya Cheongwadae.. So friends, mending nanya ama orang korea jgn inggris2an deh coba cek dl di internet bhs koreanya apaan (Presidential Blue House = Cheongwadae). Disinilah kita bisa melihat rumah Presiden Korea, megah dan sepanjang jalan ada Polisinya.
Cheongwadae

Setelah seharian menyusuri Seoul akhirnya kamipun memutuskan utk pulang, sblm kami pulang kami mampir dulu ke "Daiso" menjual pernak pernik murah meriah gambreng (kaya Daiso di Mall Artha Gading, all item Rp 22.000,-) tapi disini harganya dimulai dari 1000 won. Aku pun langsung sigap untuk berbelanja krn harganya murah, brg2 yg kubeli spt :kopi, kutek, penutup mata, cookies smua made in korea (mending beli yg made in korea jgn made in china krn krg bagus).
Jalan-jalan seharian cukup bikin kaki pegel jg, uda gt badan kyana rontok neh scara udara dingin betul..aplg menjelang malam sangat dingin. akhirnya kami tiba jg di apt pukul 7 malem, berhubung ini jln2 irit kamipun memutuskan numpang makan di rumah temenku, juan (hehehe).
Nyampe di rumah, baru aja merebahkan badan di tempat tidur tiba2 aja suaminya temenku ajak makan keluar. hayukk aja deh...semakin malem anginnya makin dingin, saking gak tahannya pake syal tebel utk nutup leher. Kami berjalan menuju ke restoran, gak jauh dr apt KBRI yg kami tempati. Sedap skali rasanya, kami juga disuguhkan minuman beralkohol oleh tuan rumah kami, ktnya seh ini byk dijadikan oleh2..(duh lupa namanya).Oia, ada satu hal lg yg menarik dr Korea hampir di setiap restoran selain mereka menyuguhkan Kimchi mereka jg memberikan kopi gratis yang disajikan dlm gelas kecil dibawah ini. Mesin kopi gratis ini biasanya diletakkan di dkt pintu keluar dan bisa kt minum secara free (gratis gt loch). Sudah menjadi kebiasaan orang korea setiap habis makan mereka pasti minum kopi.


Free Coffee/Tea

Lanjut makan kamipun berencana ke Sungai terpanjang di Korea yakni Hangang (baca: Hanggang). Kami mampir hanya sebentar untuk foto2, biasanya klo musim panas tempat ini ramai dikunjung anak muda korea.

HANGANG RIVER


Jalan2 masih berlanjut, kamipun melanjutkan perjalanan ke cheonggye-cheon(sungai besar di korea), ktnya tmpt ini lebih bagus dikunjungi di malam hari karena suasananya romantis gt tapi tnyt yg kita lihat cuma lampu kelap kelip, sepi pula mungkin krn dingin banget kali yaa..info dr temen g di korea, sungai ini padat klo misalkan ada acara2 besar spt acara G20 yg baru2 ini diadakan di Korea.

Cheonggye-cheon

Gak kuat dengan cuaca diluar, kamipun menuju salah satu mall untuk menghangatkan badan kami.Nama mall tersebut Doo-ta berlokasi di Dongdaemun, kami pun menyusuri outlet demi outlet dan kamipun takjub melihat harga (alamaak mahal banget) tapi g salut dengan kreativitas anak2 korea, hasil design baju mereka sumpah keren banget. Tp bagi mereka yg punya tubuh gemuk rada susah kyana cari baju di korea soalnya ukurannya kya ukuran g gt deh (langsing gt, hihi). Setelah dari Doo-ta, kami pun menuju ke mall yg tak jauh dari Doo-ta yaitu Migliore & AMPM yang buka sampai 4.30 pagi. Emang turis korea benar dimanjakan deh.
Hari sudah menjelang malam, akhirnya setelah berkeliling dongdaemun market tanpa berbelanja satupun barang kamipun pulang. Lagi lagi kami tersesat, kami salah turun halte akhirnya kami pun dengan pedenya terus berjalan sambil meyakini bahwa jalanan yg kami tempuh adlh benar tapi tnyt tetap saja gak berujung. Akhirnya kami memutuskan untuk naik taxi, dasar bocah gendeng knp ga drtd aja naek taxi kakiku uda minta diurut.
Meskipun kedinginan tetep gaya
15 Nov 2010
Entah kenapa pagi2 mau bangun males banget, kasurnya empuk banget. gara2 hal tersebut g baru berangkat ke Everland jam 10.00 pagi..Hari ini kami tidak ditemani juan teman kami karena dia lagi ada kesibukan bareng ibu2 dubes memasak utk hari idul adha. Jadilah kami berangkat menggunakan Subway, sempet sedikit bingung kemana kita harus melangkah (kiri atau kanan) mau nanya ke orang tapi sepi banget, eh sekalinya nanya ke orang dijabanin pake bahasa korea da gitu kt uda blg makasi tetep aja nyerocos terus.
Perjalanan ke Everland makan waktu sekitar 1 1/2 jam dari KBRI, dgn menggunakan T-Card dan mengisi 20000 won cukup untuk jln2 4 hari 3 malem termasuk ongkos ke Everland. Tiket masuk everland 20000 won, kami tiba jam 12 siang dan hari itu tidak terlalu rame. Beberapa wahana kami coba, everland bisa dibilang hampir sama kya Dufannya Indonesia tapi jauh lebih luas Everland. Semakin sore suasana semakin dingin sekali, saking dinginnya sesekali kami menghangatkan badan di beberapa lokasi. Cuaca yg begitu dingin tidak menyurutkan kami untuk foto2 aplg saat itu suasana natal sudah menghiasi Everland. Look so wonderful, pohon natal dan hiasan natalnya sangat kental sekali bahkan pada di sore hari tsb diadakan parade Natal yang disirami hujan salju..wow keren (alunan lagu jingle bells, dan lagu natal lainnya dinyanyikan pd parade tsb)
Wonderful X'mas at Everland...

Jam sudah menunjukkan jam 6 sore akhirnya kami memutuskan untuk beranjak pulang, tapi kami mampir sebentar ke toko souvenir untuk berbelanja pernak pernik everland. Sayang sekali kami tidak menemukan kaos everland, yang banyak dijual hanya boneka saja. Akhirnya saya hanya membeli pulpen everland utk keponakanku. Setelah itu kami pun pulang, kami uda gak tahan lagi soalnya dinginnya itu benar2 menusuk sampe ke tulang. Untungnya bis yg kami tumpangi tidak terlalu lama datang, akhirnya kamipun merasakan kehangatan selama perjalanan pulang. Sempet nyesel jg seh kami tidak merasakan seluruh wahana yang ada di Everland, bahkan roller coaster yang super duper dahsyat tidak kami naiki karena jantung kami gak kuat. Sapa juga yang mau sakit di negeri orang gara2 naik roller coaster itu.

16 Nov 2010
Hari ini adalah hari terakhir kami di korea, pesawat kami akan meninggalkan korea jam 23.00. Karena ini hari terakhir kami maka kami menghabiskan waktu berbelanja oleh2 di Itaewon & Namdaemun Market. Kebetulan hari ini adalah hari raya idul adha, banyak orang Indonesia berkumpul disana untuk menunaikan sholat idul adha. Dari situlah kami berkenalan dengan Lukman, Efran orang Indonesia yang bekerja di sana. Akhirnya kamipun ditemani berjalan-jalan ke Itaewon, lumayanlah jadi guide kami.hehehe
Barang2 yang kami beli dari korea:
1. Sumpit Korea 1500 won
2. Magnet Kulkas 1500 won
3. Kaos Korea 2000 won
4. Kutek made in Korea 1000 won
5. Kertas Minyak Face Shop
6. Body lotion Face Shop
*Face Shop di Korea murah banget lho
7. Bros uk. sedang 3000 won
8. Kalung 5000 won
9. Kaos anak kecil umur 3,6,7 thn lebih mahal dr kaos dewasa 5000 won

Setelah berkeliling korea, selesai juga perjalananku dan saatnya untuk pulang ke negeri tercinta..
Bye2 rain, bye2 lee min ho...mmmuachhhhh

Love,

Anita Uli

3 komentar:

  1. Wah jalan2 nya asyiik dan seru ya. Gaya penulisannya juga ok. Bln Juni ini kami rencananya juga mau jalan2 ke Korea. Boleh japri nggak kalau mau tanya2 lebih jauh? Salam, bunda swita.

    BalasHapus
  2. Boleh aja koq mba, add ym-ku aja klo mau info lebih lanjut di nita_juntax@yahoo.com

    BalasHapus
  3. anyeong haseo Anita, foto2 yg ditampilkan kaya foto yg di internet, aturannya stiap tempat yg dikunjungi harus ada foto kamu dunk Anita...salam yah, dookie:)

    BalasHapus